Tentang Kami

BAGIKAN:

Lembaga Pers Mahasiswa Media Ekonomi (LPM MEI)

Fakultas Ekonomi dan bisnis

Universitas Islam Malang

  1. Sejarah dan Perkembangan LPM MEI

LPM MEI berdiri sejak 24 Oktober 1988, dimana organisasi ini bergerak dalam bidang jurnalistik (pers). karena akan kebutuhan akan informasi, dan kritik serta pengungkapan suatu masalah atau kejadian sampai kepada solusi dari permasalahan, dan juga ajang kreatifitas tulis menulis mahasiswa, maka para pendiri mempunyai gagasan yang bergerak dalam dunia pers yang berbentuk media, maka tercetusah majalah mahasiswa Media Ekonomi ini.

Dan hingga saat ini telah menjalani masa kepengurusan yang ke-30 sejak berdirinya LPM MEI, dan telah mengeluarkan puluhan edisi majalah MEI yang diperuntukkan kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi. Ditingkat lokal kota Malang, MEI merupakan pionir berdirinya berbagai macam LPM di UNISMA dan berperan serta mendirikan Perhimpunan Pers Mahasiswa Malang (PPMI). Sedangkan di tingkat nasional MEI adalah salah satu pencetus berdirinya Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI), yang merupakan forum komunikasi antar LPM se-Indonesia, dimana untuk tingkat kota Malang anggota MEI dipilih untuk menjadi Sekjen Kota Malang pada periode 2003-2005 silam yakni alm. Rekan Alfan Mories, dan pada periode 2009 dipercayakan lagi kepada rekan Riwut Purdianto. Selain itu banyak lagi kontribusi lainnya baik dalam bentuk pemikiran dan tindakan.

Kebanggaan jelas ada pada para MEIRS (sebutan anggota MEI), apalagi ketika MEI mendapat ISSN (International Standart Series Number), yang berpusat di Paris. Dan dikalangan UNISMA baru MEI  menyusdul kemudian majalah kampus BUANA  yang mendapat pengakuan secara internasional.

  1. Struktur Organisasi LPM MEI

Berbicara mengenai struktur organisasi, maka LPM MEI adalah Badan Seni Otonom dari Lembaga Gubernuran Mahasiswa Fakuiltas Ekonomi. Kendati demikian dalam opersionalnya LGM tidak mempunyai wewenang dalam meng-intrevensi kinerja dari LPM MEI karena pola hubungannya hanya bersifat koordinatif, bukan instruktif sebagaimana halnya departemen-departemen yang ada di Unit Aktifitas Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan bisnis. Di dalam struktur LPM MEI sendiri, dipimpin oleh seorang Pimpinan Umum dengan dibantu oleh Sekretaris dan Bendahara. LPM MEI mempunyai tiga divisi, yaitu :

  1. Divisi Penelitian dan Pengembangan (LITBANG)

Secara Umum Divisi Litbang mempunyai tugas untuk mengadakan Diklat  Jurnalistik, pelatihan lapangan reportase bagi anggota magang, dan pencarian data untuk penerbitan, serta diskusi rutin mingguan.

  1. Divisi Usaha, dan

Pada dasarnya Divisi Usaha mempunyai tugas untuk mancari dana untuk penerbitan dengan bekerjasama dengan para donatur sesuai dengan kesepakatan bersama, selain itu, mengadakan Dies Natalis LPM MEI, pengadahan BDH, dan kartu pers bagi anggota serta pendelegasian anggota ke kegiatan-kegiatan pada undangan yang masuk ke LPM MEI.

  1. Divisi Penerbitan

Sedangkan Divisi Penerbitan mempunyai tugas untuk menerbitkan produk-produk pers yang dimiliki oleh LPM MEI. Produk MEI yakni : Majalah dinding yang bernama MEI-ding, buletin yakni Actual dan Majalah MEI sendiri, namun ada produk baru yang diluncurkan pada periode kali ini yakni koran Dinding dengan nama Kavling 1 Update

Ketiga divisi di atas yang membantu peran dari Pimpinan Umum dalam menjalankan program kerja yang telah direncanakan pada awal kepengurusan. Tanpa ada hubungan yang sinergis antara beberapa elemen tersebut, maka sebuah program kerja tidak akan pernah terealisasi. Tanpa ada adanya pimpinan, maka roda organisasi akan kehilangan arah. Begitu juga, tanpa adanya orang-orang yang mau bekerja membantu seorang pimpinan, pastilah musatahil. Begitulah pesan yang selalu diamanatlkan oleh founding father dari LPM MEI.

  1. Kiprah LPM MEI di Luar

Berbicara mengenai  kiprah MEI di luar maka berbicara mengenai pengakuan dan kepercayaan  dari Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) baik di  tingkatan kota Malang hingga tingkat nasional. Hal ini dibuktikan antara lain :

  1. Alm. Rekan Alfan Moris, sebagai Sekjen PPMI Kota Malang yang ke-6.
  2. Rekan Riwut Purdianto, sebagai Sekjen PPMI Kota Malang yang ke-8 (2009-Juni 2010).
  3. Rekan Adam Bin Malik Lamen yang ditunjuk sebagai koordiantor Forum Pimpinan Umum LPM Se-Malang Raya (2009-Juli 2010), dan sekarang menjabat sebagai Anggota Dewan Etik Nasional PPMI yang diutus mewakili kota Malang di tingkatan nasional.
  4. Rekan Hairuddin  dan M. Lutfi Al Chakim, mewakili LPM MEI menduduki posisi staff Divisi Jaringan Kerja PPMI Kota Malang periode ke-9 (2010-2011)
  5. Dan Rekan Emilyatun Nikmah yang menjabat Bendahara I PPMI tingkat nasional. (2010-2011).

Visi Lpm Mei

Mengungkapkan Kebenaran dengan objektivitas masalah sosial guna mendorong lahirnya kesadaran demokrasi yang bertanggung jawab.