Oshika Maba Unisma 2020: Tanamkan Kebhinekaan Kepada Mahasiswa Baru

3
23
Dok Oshika Maba 2020

Lpmmei.com – Orienstasi Studi dan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru OSHIKA MABA Universitas Islam Malang, kali ini berbeda dengan tahun lalu, Oshika yang diselanggarakan tanggal 30 September 2020 menampilkan wajah mahasiswa baru dengan penuh kebhinekaan.

Oshika Maba diselanggarakan melalui daring dengan menggunakan platform youtube dan zoom, sekitar 24 mahasiswa baru perwakilan menghadiri gedung auditorium KH. Tolchah Hasan. Meskipun melalui daring mahasiswa baru tetap khidmat mengikuti rangkaian acara Oshika Maba.

Para mahasiswa baru memperkenalkan diri melalui video pesan singkatnya dengan berpakaian adat dari masing-masing daerah, dan mengungkapkan kebanggaannya terhadap kampus Unisma dengan menggunkan bahasa daerahnya.

Dalam pidatonya rektor Unisma Prof. Dr H. Maskuri MS.i mengatakan. “Unisma merupakan kampus islam multikultural kampus yang insyaallah dapat mengantarkan generasi bangsa untuk menciptakan kedamaian, keharmonisan, mempunyai sikap proporsional dan toleran di antara perbedaan yang ada, kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara bhineka tunggal ika berbagai latar suku, bangsa, bahasa, adat istiadat maupun agama”. Tegasnya.

selain untuk menanamkan kebhinekaan, oshika maba Unisma mengusung tema yang sangat kontekstual yaitu; “Media Akselerasi Transforrmasi Menuju Mahasiswa Yang Berakhlak Mulia, Mandiri, Inovatif, Dan Kommpetitif Di Era 4.0”.

Yunus selaku ketua pelaksana oshika maba mengatakan,” Harapan kami agar mahasiswa baru bisa menjadi  Sumber Daya Manusia SDM yang unggul dalam rangka Indonesia maju, dan mempunyai kedalaman ilmu pengetahuan dan sepiritualitas, semangat kerukunan, semangat kebersamaan dengan dibarengi jiwa entrepreneurship (Kewirausahaan) serta akhlakul karimah”. Pungkasnya.

Oshika Maba saat ini diikuti oleh 3.833  yang terdiri dari 3.449 program strata satu, 315 strata dua, 19 program strata tiga. 3.725 dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, 5 provinsi dengan jumlah mahasiswa terbanyak berasal dari Jawa timur 82,2%, NTB 3%, Jawa Tengah 1,5%, Kalimantan Timur 1,1%, Jawa Barat 1,0%. Sebanyak 108 mahasiswa internasional, 67 masuk degree program berasal dari 10 negara, 41 program transfer kredit internasional dari Rusia dan Usbekistan.

Acara pembukaan oshika maba ditutup dengan materi wawasan kebangsaan yang disampaikan wakil ketua MPR RI Dr. H. Ahmad Basarah M.H. dalam hal ini Ahmad Basarah berpesan kepada mahasiswa baru bahwa ”jangan mewarisi abu perjuangan para pendahulu-pendahulu kita, tetapi warisi api perjuanganya, kita ambil yang baik dan kita buang yang buruk untuk dijadikan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”. Tegasnya.

Pewarta: Nur Avian

Editor: Zuhrotun Nisa

3 KOMENTAR

  1. Masyaallah ❤️ luar biasa kampusku
    Alhamdulillah bersyukur banget bisa jadi bagian dari UNISMA❤️ jayalah selalu kampusku

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here