Peringati Hari Sumpah Pemuda, DPM FEB UNISMA Gelar Webinar Advokasi

0
25

(20/10) Dewan Perwakilan Mahsiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis universitas Islam Malang (DPM FEB UNISMA) menggelar webinar dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda dengan tema “Membangkitkan Kesadaran Pemuda Guna Mewujudkan Pendidikan Berkeadilan” melalui ruang virtual zoom meeting dan youtube.

Abdul Majid, ketua DPM FEB dalam sambutanya mengatakan pentingnya pelatihan advokasi dalam membangun kesadaran mahasiswa terhadap perkembangan isu-isu terkini dan kritis mengenai kebijakan publik.

“Tujuan webinar advokasi Untuk memberikan kesadaran kepada mahasiswa agar lebih peka, kritis dan transformatif mengenai kebijakan publik saat Ini”, tutur Majid.

Nurdiana, S.E., M.SI. memberi apresiasi terhadap DPM FEB karena mampu membaca problematika di masyarakat dan berupaya melakukan advokasi kepada mahasiswa, baik di dalam maupun di luar Unisma.

 “Kami berharap mahasiswa tanggap terhadap problem yang ada di Negara kita. Karena dengan peran itu kami berharap semangat mahsiswa mampu mewujudkan pendidikan yang berkeadilan”, pungkas Nurdiana dalam sambutanya.

Sebagai pemateri pertama KH. Abdullah Syam, pengasuh pesantren rakyat Al-Amin menyatakan mahasiswa baik adalah mampu memiliki kemampuan prediktif terhadap kehidupan ke depan yang luar biasa.

“menurut saya, karena mahasiswa calon ilmuwan, yaitu mahasiswa yang mampu memiliki kemampuan prediktif”, pungkas Abdullah.

Nuruddin, S.Pt, tenaga ahli utama kementrian desa mengatakan, organisasi mahasiswa sebagai adaptor sosial (penghubung), mampu menciptakan lingkungan kondusif agar tercipta militantansi perjuangan, rasa simpati dan pemersatu keberagaman lingkungan kampus.

“Bagaimanapun mahasiswa harus menjadi adaptor sosial, orang yang mampu mengubah dari lingkungan tidak kondusif menjadi lingkungan kondusif” ujar Nuruddin.

Pemateri terakhir, Abdul latif, S.E. ketua KPU Demak memberikan materi tentang mengelola aspirasi mahasiswa. beliau menyampaikan tentang tahapan dalam melakukan advokasi yaitu: identifikasi persoalan, identifikasi kebutuhan, langkah strategis dan evaluasi yang kemudian diterapkan menjadi gerakan nyata.

Penulis: Emi

Editor: Vian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here